Pages

Minggu, 23 September 2012

LIFUMA VIII - Susahnya menebak juara



Salah satu kejuaraan futsal tertua di tanah air LIFUMA (Liga Futsal Mahasiswa) Jakarta kembali bergulir akhir Oktober ini. Kejuaraan yang diprakarsai sejak 8 tahun lalu oleh Difamata Sport EO ini memasuki babak baru dengan membuat gebrakan waktu pertandingan layaknya sebuah pertandingan profesional, 2 x 20 menit bersih.

Pengalaman gw di PON kemarin, kalau bermain 2 x 20 menit bersih itu sama dengan bermain 35-40 menit waktu kotor. Ini tentunya akan sangat berbeda dari tahun lalu yang bermain 2 x 20 semi bersih. Secara strategy sangat mungkin akan banyak perubahan.

PETA KEKUATAN

Divisi Utama kali ini berjumlah 11 peserta
  1. STIE BP (Juara bertahan)
  2. TAX Trisakti
  3. UKI Jakarta
  4. Bina Sarana Informatika
  5. ABFI Perbanas
  6. Universitas Nasional
  7. STMT Trisakti
  8. STEI Indonesia
  9. IPB Bogor
  10. Univ. 17 Agustus 1945 (Tim Promosi)
  11. Univ. Pancasila (Tim Promosi)
Jujur aja, kalau bicara siapa yang akan juara, gw menyebut setidaknya ada 6 tim yang layak difavoritkan, sedangkan 6 tim lainnya bukan tidak mungkin menjadi batu sandungan bagi para tim favorit.

  1. Tax Trisakti : Tim kejutan musim lalu yang langsung kepartai puncak walau akhirnya kalah dari STIE BP, ini favorit kuat juara buat gw. Secara materi pemain beberapa pemain nasional seperti Alfiansyah, Zulfikar dan Septian Cahya merupakan pondasi kuat bagi tim besutan Wahyu Tri tersebut. Kualitas Wahyu Tri sebagai assisten pelatih timnas U-21 juga sudah tidak perlu lagi diragukan. Ditambah "gelontoran" dana dari manajer "gila olahraga" Bapak Abu  yang memberikan jam terbang bagi punggawa Tax diberbagai event baik nasional maupun hingga ke negeri jiran Malaysia. Idealnya tahun ini adalah tahun kematangan para pemain yang sudah bersama setidaknya 3 tahun tersebut.
  2. UKI Jakarta : Juara 2 tahun berturut-turut merupakan prestasi yang sulit di kompetisi Lifuma, tapi UKI mampu melakukannya tahun 2010 dan 2011.Di tahun 2012 hanya kesialan saja yang membuat tim asuhan Bonsu Hasibuan tersebut gagal ke partai puncak. Tahun lalu di motori pemain pemain"asal bandung" UKI tetap solid bahkan menjuarai KIT Futsalismo Nasional 2011. Bandung Connection yang diusung oleh Bonsu Hasibuan yang memang besar dikota kembang tersebut nampaknya akan menjadi tumpuan kekuatan disamping pemain UKI asal Jakarta seperti Gerry "Kribo", Nur Ali dan beberapa bintang muda seperti Purna Acong.
  3. STEI Indonesia : Raksasa tertidur gw menjulukinya, lepas generasi Socrates Matulessy, STEI kesulitan juara lagi. 2007 adalah tahun terakhir STEI dapat menjuarai Lifuma. Bahkan tahun lalu mereka tersungkur ke posisi 9 klasemen, yang merupakan musim terburuk mereka. Gw memasukkan mereka di 5 besar calon kuat juara karena motivasi Reza, Rony dan Ismail yang merupakan punggawa timnas U-21 sedang berlipat ganda, bahkan Ismail merupakan peraih medali emas PON Riau bersama Sumbar. Segi pelatih sudah tidak diragukan lagi, Issraqul Issa yang merupakan pelatih timnas futsal Indonesia merupakan salah satu pelatih apapn atas nasional saat ini.
  4. ABFI Perbanas :Pasti bertanya-tanya kenapa Perbanas gw masukin kedalam list calon kuat juara Lifuma. Gw liat dari segi motivasi pemain mereka yang tahun lalu "telat panas" diakhir kompetisi. Kemampuan pemain mereka seperti Ari, Maul, dan kiper sarat pengalaman Riyan sebenrnya tidak kalah dengan tim favorit lain. Namun inkonsistensi anak asuh Robby Hartono (Pelatih timnas Sea Games) dan Wilander (Pelatih PON Jateng) merupakan PR besar bagi mereka. Perbanas sering menyulitkan tim favorit lain, namun anaehnya ga jarang tersungkur dari tim lain yang seharusnya bisa dimenangkan.
  5.  Bina Sarana Informatika : Kenapa gw  memasukkan BSI di 6 tim favorit?. Gw prediksi BSI akan menyulitkan tim-tim lain walau salahsatu pemain bintangnya di gaet oleh Tax Trisakti. Materi BSI yang bermain di Lifuma kali ini akan didominasi pemain-pemain muda Jaya Kencana (salah satu peserta IFL). Hal tersebut sangat membantu kekompakan tim yang diasuh oleh Kurnia tersebut.
  6. STIE BP : Defending Champions, tim yang satu ini cukup unik, 7 muka baru menghiasi tim gw (Doni Zola), hampir sama kayak 2008 saat tim ini juara, gw ngerasa musim ini akan sangat sulit bagi STIE BP untuk mempertahankan juaranya. Persiapan yang kurang dan minimnya waktu berkumpul para pemain membuat PR besar bagi gw sendiri. Tapi siapa yang jamin STIE BP bakal nyerah gitu aja mempertahankan gelar juaranya.


Itulah 6 tim favorit gw kali ini. Bagaimana dengan 5 tim lainnya?

UNAS, STMT, IPB, UNTAG 45 dan Pancasila merupakan kuda paling hitam yang pernah ada di Lifuma. Kalau tahun lalu Univ. Indonesia dan STIPAN sepertinya sulit bersaing, 5 tim tersebut mempunya potensi menyulitkan.
UNAS dengan solid pertahanannya, STMT dengan serangan baliknya, IPB tim yang tidak terdeteksi tim asal Jakarta, Untag dan Pancasila yang memang pantas bersaing di divisi utama. Partai seru dijamin akan hadir tiap gelaran Lifuma kali ini.

Siapa jagoan lo di Lifuma 8 kali ini?


0 comments:

Posting Komentar