Pages

Rabu, 12 September 2012

SUMBAR VS NTT, Jadi lawan 2 x 20 menit


Sudah 3 hari berlalu dari pertandingan Sumbar vs NTT, pertandingan special buat gw…

Yup Special…
Sumbar adalah tim pertama gw ngelatih di luarkota , dimulai Januari 2011 dan berakhir Agustus 2011. Catatan prestasi lumayan pernah gw torehkan bareng Sumbar, kejutan di Piala Emas Futsal Indonesia I dengan menjadi juara walau bermaterikan putera daerah yang baru pertama kali bermain di Jakarta. Hingga lolos ke PON dengan meyakinkan di Zona Sumatera dengan 5 kemenangan dan 1 kali seri melawan tuan rumah Sumatera Selatan.

Tapi minggu kemarin gw harus berhadapan, Nusa Tenggara Timur tim yang baru ketemu gw 2 bula terakhir harus menghadapi Sumbar yang sudah mapan di 2 tahun kiprah mereka pada futsal tanah air.
Sebelum pertandingan beberapa orang dimanajemen tim NTT secaratidak langsung meminta gw untuk tidak memimpin tim sebagai pelatih kepala, namun mereka mengharapkan gw duduk dibench sebagai pelatih strategy. Jujur aja sebetulnya gw kecewa, namun ada 1 hal yang harus gw kedepankan, yaitu kebersamaan tim.

JALANNYA PERTANDINGAN

Starting line up dari pelatih local bikin gw mengernyitkan dahi, bahkan strategy defend yang diterapkan dilapangan betul-betul bikin gw jengah. Gak aneh 5 menti pertama 2 gol bersarang digawang NTT salah satunya melalui penalty.
Spontan gw langsung ambil alih, dan pelatih local itu nyadar diri untuk mundur ngasi jalan buat gw pegang tim. Diluar dugaan perubahan strategy gw menghasilkan di 5 menit berikutnya, 2 gol cepat membuat Sumbar yang tadinya diatas angin jadi tertekan.
Pemain gw yang terlanjur aggressive dalam melakukan pressure membuat resiko kena foul semakin besar. 2 kali Sumbar dapat second penalty, beruntung hanya 1 yang bersarang digawang. Skor babak pertama 3-2 untuk Sumbar.

KETAT MIRIP SEMPAK BARU DIBELI…hehehe

Babak kedua berjalan normal, tapi pressure yang NTT berikan tetap dengan kecepatan dan kekuatan yang luarbiasa. Sumbar menjauh mejadi 4-2, tapi gak lama NTT memperkecil menjadi 4-3 di 7 menit terakhir. GAME ON !!!

Beruntung Sumbar punya Ade Lesmana (eks kipper timnas futsal Indonesia), setidaknya ada 4 peluang emas 90 persen masuk, digagalkan oleh pemain yang gw minta bermain di Sumbar pada Kualifikasi PON Agustus 2011. Pengalaman ga bisa diboongin, sampai akhirnya dimenit terakhir Sumbar menambah gol menjadi 5-3 hingga peluit akhir dibunyikan.

Gw kalah…tapi bukan itu poin utamanya.
 
NTT yang hanya gw latih kurang dari 2 bulan, cukup merepotkan Sumbar yang 2 tahun terakhir berada dilevel atas futsal Indonesia. Gw kalah dipapan skor, tapi gw percaya penonton yang datang kelapangan juga lihat, betapa sengitnya pertandingan siang itu :)

Saat ini Sumbar sudah memastikan masuk kesemifinal PON Riau, gw yakin mereka akan hadir di final, semoga mereka meraih medali emas PON yang pertama  :)

0 comments:

Posting Komentar