Pages

Minggu, 16 September 2012

RAHASIA SUMBAR , DAN PERTANYAAN BUAT DONZOL


Nah...
Prediksi dan harapan gw ga melenceng jauh kan, Sumbar yang akhirnya menggondol medali emas pertama cabang olahraga futsal pada PON Riau 2012 kali ini. Hal ini gw udah prediksi pada saat mereka lolos grup "neraka" sebagai juara grup.

Kelebihan Sumbar yang terletak pada fisik gak akan bisa dikejar tim lain yang kebanyakan "kehabisan bensin" saat sudah melakukan beberapa pertandingan. Skor 6-2 di final sangat gw sayangkan, karena harapan gw pertandingan akan tetap seru dengan skor-skor ketat.

Tapi emang rejekinya Sumbar di PON kali ini, apa rahasia mereka ?

FISIK , sudah rahasia umum kalau pemain Sumbar punya stamina yg oke berkat latihan fisik yang dipimpin langsung oleh mantan pelatih fisik SEMEN PADANG dan PSPS Pekanbru, Zulmaidi Ben.


Gw bisa uraikan kegiatan mereka sebelum mencapai medali emas kemarin.

Juni 2010 : Datang sebagai klub Rafhely Futsal ke ibukota mengikuti Turnamen Piala PSSI, saat itu prestasi mereka hanya menang melawan Mastrans Jakarta, selebihnya kalah oleh Harimau Rawa, Isen Mulang dan beberapa klub lain.

Desember 2010-Januari 2011 : Seleksi pemain PRA PON melalui turnamen RAFHELY FUTSAL CUP, setidaknya sebanyak 60an pemain terjaring untuk mengikuti seleksi.

Masih di Januari 2011: 2 minggu pertama seleksi dititik beratkan pada teknik dasar dan kemamuan fisik pemain.

Februari 2011: 21 pemain terpilih untuk melakukan TC di Padang dengan latihan 5 kali seminggu pagi dan sore, hanya kamis dan minggu mereka libur berlatih. Materi latihan di bulan Februari adalah FISIK dibarengi dengan TEKNIK DASAR.
Fisik pemain digembleng oleh pak Zulmaidi Ben, sedangkan teknik dan tactical dilatih oleh Pak Syafrianto Rusli dan sedikit dibantu gw.

Maret 2011 : Mereka banyak melakukan ujicoba di Padang dan kota-kota lain seperti Bukit Tinggi serta Payakumbuh. Akhir Maret 15 pemain bertolak menuju Cijerah, Bandung untuk melakukan pemusatan latihan disana.

April 2011 : Berujicoba dengan beberapa klub Jakarta dan Bandung untuk persiapan turnamen PIALA EMAS 2011. Di bulan ini juga mereka Juara Piala Emas Futsal Indonesia 2011, mengalahkan Gading Kusuma 8-1 di semifinal dan Car Terminal di final dengan skor 7-3. Bahkan ujicoba melawan timnas futsal Sea Games saat itu Sumbar unggul 3-2. Sungguh hasil yang sangat diluar dugaan. :)

Mei - Juni 2011 : Ketidakjelasan PSSI saat itu membuat tim terkatung-katung, rencananya kualifikasi PON Zona Sumatera dilangsungkan bulan Mei 2011 gagal terealisasi.

 Juni- Juli 2011 : Sumbar kembali TC Di Jakarta dan tinggal di Vidi Arena sebagai home base mereka. Ujicoba dengan tim tangguh seperti Elctric PLN dan Tim Pra PON Banten menjadi pelajaran berharga untuk mereka sebelum  berlaga dikualifikasi PON Zona Sumatera yang dilangsungkan di Palembang.

Agustus 2011 : Kualifikasi PON Zona Sumatera, menang atas Jambi, Bengkulu, Lampung dan Sumut serta imbang melawan tuan rumah Sumsel menjadikan Sumbar juara grup kualifikasi PON Zona Sumatera dengan selisih gol lebih baik dari runner up yang juga tuan rumah Sumsel. Tiga tim mewakili Zona Sumatera , SUmbar, Sumsel dan Sumut.

September - November 2011 : Tim dipulangkan ke klub masing-masing, termasuk gw kembali ke Jakarta.

Desember 2011 : Sumbar mengikuti Indonesian Futsal Open 2011 di Jakarta, namun sayangnya gagal lolos di grup, sebuah pelajaran berharga buat tim besutan Syafrianto Rusli saat itu.

Januari 2012 : Berlatih di Padang.
Februari 2012 : Menggondol juara My Futsal National Tournament dengan mengalahkan Jaya Kencana (salah satu peserta IFL) di final.

April 2012 : Mempertahankan juara PIALA EMAS FUTSAl INDONESIA 2012.

Mei 2012 : Kembali ke Padang.

Juni 2012 : Meraih hasil runner up PIALA GUBERNUR SUMSEL setelah kalah dari Pelindo II (juara bertahan IFL) di final.

Juli-Agustus 2012 : Melakukan TC di Jakarta
September 2012 : EMAS PON RAIH :).

APA POIN YANG BISA KITA PELAJARI ?

PROSES ADALAH SEGALANYA, SESUATU YANG INSTAN GAK AKAN BERTAHAN LAMA.
PENGORBANAN YANG DILAKUKAN OLEH PARA PEMAIN SUMBAR JUGA TERBILANG TIDAK SEDIKIT, DARI GAJI YAG HANYA 500 RIBU DIAWAL HINGGA SEKARANG ENTAH BERAPA YANG AKAN MEREKA DAPATKAN SEBAGAI BONUS MEDALI EMAS :).

Nah ada beberapa pertanyaan dari follower dan teman gw yang tahu kalau gw pernah ngelatih mereka rentang waktu Januari 2011-Agustus 2011.

1. Kenapa meninggalkan Sumbar saat itu ?

Manajer tim Pak Haji Yasman, yang udah gw anggap Bapak gw sendiri, karena selama gw di Padang menginap dirumah beliau bilang ke gw, bahwa dia akan mengembalikan tim kepada KONI Sumbar, dan Doni kembali ke Jakarta untuk sementara, nanti akan dihubungi lagi.

Jujur aja waktu 8 bulan yang gw habiskan bersama tim Sumbar membuat gw kehilangan banyak tim yang gw latih, salahsatunya adalah AMFC Angels, kebanyakan klub yang pernah gw latih sudah punya pelatih yang baru. Sehingga sulit rasanta untuk bisa dipegang gw lagi.

 Beruntung tawaran PORDA Indragiri Hilir pada September 2011 bisa gw ambil dan meraih hasil maksimal dengan menyabet medali emas Porda Riau saat itu.

Efek juara PORDA Riau membuat gw digadang-gadang menjadi Pelatih PON Riau saat itu, bahkan gw sempat disuruh membuat budget biaya tim selama persiapan menuju PON. Sayangnya perubahan pengurus PSSI Riau pada Februari 2012 mengakibatkan gw harus merelakan untuk tidak terpilih sebagai pelatih Riau.

Pak Yasman tetap berkomunikasi sama gw, tapi jawaban gw adalah, gw gabisa kalau harus ngelatih di Padang, dan gw memilih untuk berlabuh di My Futsal.

2. Nyesel gak ninggalin Sumbar yang akhirnya dapat medali emas?

Gak sedikitpun, tim futsal Sumbar tetep keluarga gw, Bang Ade Lesmana ke Sumbar berkat loby gw membujuk kiper hebat tersebut mau ke Padang walau tawaran dari propinsi lain menggiurkan.

Dan anehnya walau sudah setahun lebih gw tinggal, orang-orang didunia futsal masih menganggap bahwa andil gw dalam membentuk tim Sumbar tetap besar. Orang boleh berkata apapun, tapi gw ngerasa yang gw kasih ga banyak, knowledge futsal gw ga sehebat pelatih papan atas Indonesia seperti Justinus Lhaksana, Andri Irawan, Robby Hartono maupun Ricardo Ponalya.

H. YASMAN YANUSAR sebagai manajer tim yang mungkin sudah keluar uang kurang lebih 1 M.
SYAFRIANTO RUSLI sebagai pelatih kepala yang hebat dalam menganalisa kekurangan dan kelebihan tim.
ZULMAIDI BEN sebagai pelatih fisik yang memastikan pemain Sumbar tidak berhenti berlari bukan hanya 2 x 20 menit tapi juga sepanjang turnamen.
ADE LESMANA sebagai pemain senior dan panutan pemain bahkan pelatih Sumbar.
PEMAIN2 SUMBAR : mereka down to earth ga ada satupun yg sombong.

Tanpa mereka ilmu yang gw kasih ga akan ada apa2nya. Malah gw berterima kasih sama seluruh tim bisa ngangkat nama gw hehehhee.
3. Kenapa pilih NTT di PON untuk dilatih ?

Jujur aja kalo gw punya waktu persiapan seperti yang gw Sumbar lakukan, gw optimis NTT ada di 4 besar PON Riau 2012 :) , mereka luar biasa, dan akan lebih luar biasa jika disiapkan lebih baik lagi. Jadi tunggu aja kejutan dari klub-klub asal NTT :)


SOOOO,,,SEKALI LAGI SELAMAT BUAT SUMBAR :)
IKUT BAHAGIA BUAT KALIAN SEMUA :)

2 comments:

AnakRaja mengatakan...

hanya 1 yang kurang dari NTT : Pengalaman di level atas

Unknown mengatakan...

baju bola murah
kaos bola murah
baju bola online
jual baju bola
jual kaos bola
kaos bola online
grosir kaos bola

Posting Komentar